Selasa, 30 April 2013

OSN GURU TINGKAT NASIONAL



osn guru tingkat nasional


     Olimpiade Sains Nasional untuk Guru (OSN Guru) merupakan wahana bagi guru untuk menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik untuk memotivasi peningkatan kompetensi di bidang sains dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. 

Bagi rekan-rekan yang beminat untuk mengikut OSN Guru tahun ini, penulis akan memberikan informasi umum yang mungkin bisa membantu rekan-rekan dalam mempersiapkan diri nantinya.

Pada tahun 2012  lalu, telah dilaksanakan OSN Guru yang kedua kali bagi guru SMA mata pelajaran Matematika dan Fisika, serta yang pertama kali bagi guru SMA mata pelajaran Kimia, dan guru SMP mata pelajaran Matematika dan IPA (kekhususan Fisika).


OSN Guru dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai dengan tingkat nasional.

Pada tingkat kabupaten dan propinsi seleksi peserta OSN Guru tahun 2012 lalu dilakukan melalui  tes tertulis (teori) saja. Sedangkan untuk tingkat Nasional  seleksi peserta OSN Guru meliputi tes tertulis, tes eksperimen, dan presentasi pembelajaran berbasis eksperimen untuk IPA;  tes tertulis, tes pembelajaran pemecahan masalah dan presentasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah untuk Matematika. Tes tertulis meliputi kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. 

Ada persyaratan lain yang diminta sebelum kita mengikuti OSN Guru tingkat Nasional yaitu membuat Risalah Akademik dan karya tulis. Meskipun demikian menurut dewan juri pada tahun lalu,  nilai yang diambil adalah nilai akumulatif. Jadi bagi peserta yang tidak memenuhi kedua syarat ini tidak perlu khawatir, karena  tidak akan  menggugurkan haknya untuk mendapat medali asalkan nilainya yang terbaik.  

Demikianlah gambaran umum tentang OSN Guru yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat. Bagi rekan-rekan yang ingin mendapatkan soal OSN Guru IPA SMP  dan OSN Guru Fisika SMA serta soal OSN Guru Matematika SMP dan SMA  tingkat nasional dapat dilihat Pada OSN Guru di  samping (disalin ulang dari naskah aslinya),

POSTINGAN TERBARU

Persamaan Coulomb Persamaan Coulomb dapat ditulis sebagai berikut Bagaimana penerapannya ke dalam soal? Mari kita tonton Video berikut!

POSTINGAN POPULAR